5 Peluang Usaha Untuk Difabel, Hasil Menggiurkan!

Di era digital seperti saat ini, peluang usaha untuk difabel juga semakin terbuka lebar. Berbagai pelatihan digital yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta juga banyak tersedia sebagai bekal untuk mengasah kemampuan dan skill usaha yang ingin dijalankan.

Peluang usaha kekinian berbasis online ini juga sudah merambah ke skala yang lebih luas, sehingga menjangkau pasar lokal dan mancanegara dengan sistem dan jam kerja yang fleksibel. Biar kamu makin paham apa saja peluang usaha untuk kaum difabel, simak ulasan berikut ini, yuk!

5 Peluang Usaha untuk Difabel yang Menjanjikan

1. Freelancer

Salah satu rekomendasi peluang usaha yang ramah difabel adalah menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas. Peluang usaha kekinian satu ini hanya bermodalkan gadget, koneksi internet, dan tentunya keterampilan atau keahlian dalam suatu bidang.

Pekerjaan ini juga sangat fleksibel karena bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Ada banyak pilihan bagi teman-teman berkebutuhan khusus yang ingin mendapatkan penghasilan dari rumah misalnya dengan menjadi freelancer desain grafis, jasa editing, dan lain sebagainya.

Untuk gaji dari usaha freelance ini juga bisa ditentukan sendiri sesuai keinginan, kualitas, dan kesepakatan antara freelancer dengan klien. Bagi teman-teman difabel yang memiliki skill hebat, tentu bisa mematok bayaran yang fantastis hingga jutaan rupiah. Sangat menjanjikan, bukan?

2. Penulis

Bagi teman-teman difabel yang ingin bekerja namun kesulitan memperoleh pekerjaan karena keterbatasan fisik, mulai sekarang tidak perlu khawatir lagi. Banyaknya platform digital yang menyediakan lowongan pekerjaan sebagai penulis bisa menjadi solusi dan pilihan yang tepat.

Berawal dari hobi membaca dan menulis, karya tulis yang kamu buat bisa dijual dengan harga yang menjanjikan, lho. Tidak hanya novel dan buku-buku fiksi, kamu juga bisa menjadi blogger atau penulis konten untuk mengisi website perusahaan-perusahaan startup yang sedang melakukan branding.

Dengan banyaknya permintaan terhadap jasa penulisan artikel, maka bisa menjadi peluang usaha bagi kamu yang suka menulis. Meski terkesan mudah, menjadi penulis konten juga membutuhkan skill menulis dan pemahaman yang baik terkait EYD dan kaidah kebahasaan yang baik dan benar.

3. Content Creator

Hampir semua orang di dunia pasti sudah mengenal berbagai macam platform media sosial. Salah satu platform media sosial yang sangat populer sebagai penyedia berbagai macam konten video yaitu Youtube.

Tingginya minat masyarakat terhadap tayangan di Youtube bisa menjadi peluang bagi teman-teman difabel yang ingin berkarya sekaligus menghasilkan pundi-pundi uang. Menjadi seorang content creator juga tidak ada syarat khusus, sehingga cocok untuk para penyandang difabel.

Hal yang dibutuhkan untuk menjadi content creator Youtube alias Youtuber adalah ide-ide cemerlang untuk menciptakan konten video yang fresh, unik, dan berkualitas. Dengan begitu, kamu bisa menarik perhatian masyarakat untuk menonton dan memberikan like di channel Youtube milikmu.

Semakin banyak jumlah penonton, likers, dan subscribers, maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan uang dari adsense alias iklan. Gimana, nih? Apakah kamu tertarik dengan peluang usaha kekinian satu ini?

4. Kerajinan Tangan

Saat ini pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sedang menggalakkan peluang usaha bagi kaum difabel. Ada banyak pilihan usaha kerajinan tangan yang bisa dicoba seperti kerajinan anyaman, kain perca, manik-manik, dan lain sebagainya.

Penghasilan yang diperoleh dari usaha ramah difabel satu ini juga cukup menjanjikan, lho. Kamu bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitarmu untuk dijadikan karya yang indah dan bernilai jual tinggi seperti kain perca yang diubah menjadi keset atau tas yang estetik.

Apabila hasil kerajinan tangan yang kamu buat berkualitas dan banyak peminatnya, maka bukan hal yang mustahil lagi untuk mendapatkan keuntungan yang menggiurkan.

5. Dropshipper

Rekomendasi peluang usaha kekinian untuk teman-teman difabel yaitu menjadi dropshipper. Untuk menjalankan usaha ini, kamu hanya membutuhkan smartphone dan koneksi internet saja. Kamu juga tidak perlu membeli stok barang dari supplier sehingga tidak perlu keluar modal.

Kamu tinggal memajang foto produk di media sosial seperti Whatsapp atau Instagram. Nantinya, jika ada pembeli yang tertarik dengan barang yang kamu posting di media sosial, kamu bisa menghubungi supplier untuk mengirimkan barang yang dipesan. Sangat mudah, bukan?

Dari penjelasan di atas, kamu bisa mendapatkan gambaran mengenai peluang usaha untuk difabel apa saja yang menjanjikan. Meski memiliki keterbatasan secara fisik, hal ini bukan menjadi halangan untuk tetap berkarya, bekerja, dan memperoleh penghasilan yang menjanjikan, bukan?