5 Tanaman Pengusir Tikus

            Tikus bisa menjadi musuh manusia. Hewan ini termasuk salah satu hama yang patut diwaspadai. Dia dapat menjadi penghancur untuk tanaman padi. Perabot rumah pun dapat rusak karena dimakan tikus. Terlebih lagi tikus merupakan sarang kuman dan bakteri yang membawa penyakit. Alasan tersebut membuat orang mencari cara mengusir tikus dan  bagaiman untuk membuat rumah terhindar dari gerombolan tikus. Banyak bahan kimia yang dapat digunakan. Namun, penggunaan beberapa tanaman di bawah ini dapat membantu untuk membuat tikus takut untuk bertamu ke rumah.

1. Daun Mint

            Sebagian orang mungkin pernah mendengar manfaat daun mint untuk kesehatan. Tanaman yang memiliki genus Mentha ini dapat membantu untuk melancarkan sistem pencernaan dan kaya akan nutrisi. Namun, dapat menjadi racun bagi tikus yang ingin bertandang ke rumah. Pasalnya, bau yang dikeluarkan tanaman mint dibenci tikus. Letakkan ini di area yang cukup mendapatkan sinar matahari dan sering dilewati tikus.

2. Bawang Putih

            Tanaman lainnya yang dapat digunakan untuk mengusir tikus adalah bawang putih. Tanaman bawang yang memiliki nama latin Allium Sativum ini bisa dibudidayakan pada area yang kering dan langsung terkena sinar matahari. Tanaman yang termasuk umbi-umbian ini mempunyai bau menyengat karena kandungan belerang yang ada di dalamnya. Penanaman bawang putih kemudian dapat memberikan dua fungsi sekaligus yaitu sebagai pengusir tikus dan ketika panen bisa dijadikan sebagai bumbu dapur.

3. Lavender

            Lavender memiliki wangi yang harum dan dapat membuat orang tertidur lebih nyenyak. Tanaman ini juga memiliki warna yang cantik dan bisa dijadikan opsi untuk meramaikan rumah. Namun, wanginya bisa menjadi musibah untuk para hama, salah satunya adalah tikus. Sambil menyelam minum air mungkin ketika menanam lavender. Lavender bisa membuat rumah lebih asri sekaligus menjadi tameng untuk melindungi rumah dari tikus dengan memotong beberapa tangkai dan menyebarkannya di beberapa area.

4. Sage

            Salvia Officinalis adalah nama latin dari tanaman sage yang berasal dari Mediterania. Tanaman ini memiliki kandungan nutrisi yang dapat dimanfaatkan pada bidang kesehatan seperti obat penurun gula darah, obat Alzheimer dan mengobati peradangan. Tanaman sage memiliki wangi yang segar dan kerap dimanfaatkan menjadi pengharum pembuatan parfurm. Manusia mungkin menyukai baunya tapi tidak dengan tikus. Hal ini menjadikan tanaman sage sebagai penangkal tikus. Tanamlah di beberapa area yang sering tikus lewati.

5. Bintaro

            Bintaro bagi beberapa orang mungkin masih terdengar asing bagi beberapa orang. Bintaro termasuk ke dalam spesies Cerbera Mangha dan memiliki beragam penyebutan lainnya seperti Babuto, Kayu Gurita dan Mangga Laut. Tanaman yang dapat tumbuh sepanjang 4 – 6 tersebut terkandung senyawa cerberin dan dimanfaatkan untuk mengusir tikut yang memiliki penciuman yang tajam. Caranya adalah dengan menggunakan buah bintaro dan diletakkan pada tempat dimana biasanya tikus berkeliaran. Namun, jauhkan dari jangkauan anak-anak karena bintaro juga beracun bagi manusia.

6. Pohon Sirsak

            Rasa masam yang dimiliki buah sirsak menjadikannya buah yang cukup digemari oleh masyarakat dan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan manusia seperti berperan sebagai antibakteri, memperlancar pencernaan dan menghilangkan stress. Di sisi lain, pohon sirsak memiliki aroma daun yang ditakuti tikus. Pohon sirsak dapat tumbuh di pekarangan rumah. Oleh karena itu, selain memanfaatkan buahnya untuk di konsumsi, petik beberapa helai daun sirsak dan potong kecil-kecil. Selanjutnya, letakkan potongan daun tadi di beberapa area kesukaan tikus.