6 Cara Mudah Membuat Meja Makan Marmer Tetap Mengkilap

Meja makan - 4 Hingga 6 Tempat Duduk

Furnitur dengan bahan marmer tentu akan terlihat kurang menarik saat warnanya mulai pudar. Untuk itu diperlukan suatu cara untuk memoles meja makan marmer yang kusam.

Meja makan marmer membutuhkan pembersihan atau perawatan rutin untuk mempertahankan daya tarik dan kilaunya. Berikut adalah beberapa cara agar meja makan marmer Anda terlihat berkilau.

 

  1. Menggunakan Sabun Cuci

Cara membersihkan marmer yang pertama adalah dengan menggunakan sabun cuci piring. Sabun yang biasa Anda gunakan untuk mencuci piring juga bisa digunakan untuk membuat marmer terlihat lebih berkilau.

Pertama-tama Anda dapat menyiapkan alat dan bahan, seperti wadah kecil, sabun cuci piring, waslap, dan segelas air hangat. Selanjutnya, tuangkan sabun cuci piring ke dalam wadah yang sudah berisi air hangat dan aduk rata dan bersihkan dengan kain lembut.

Kemudian biarkan kering selama 10 menit. Setelah kering, lap lagi dengan kain bersih, kering, dan lembut.

 

  1. Menggunakan Hidrogen Peroksida

Anda juga dapat menggunakan hidrogen peroksida untuk menjaga meja makan marmer tetap bersih dan berkilau. Bahan kimia ini dikenal pandai menghilangkan kotoran yang menempel pada marmer.

Bahan ini juga bagus untuk menghilangkan goresan pada meja makan marmer Anda. Anda dapat menggunakan kain lembut dan kemudian basahi kain dengan hidrogen peroksida.

 

  1. Menggunakan Amonia

Selain hidrogen peroksida, senyawa kimia berupa amonia juga bisa digunakan untuk menghilangkan kotoran membandel pada meja makan marmer. Amonia bersifat basa, yang berarti cukup aman digunakan untuk membersihkan meja makan marmer.

Namun dosisnya juga harus tepat agar tidak menimbulkan efek buruk. Penting juga untuk memastikan jenis amonia ini aman untuk meja makan marmer Anda.

 

  1. Menggunakan Cairan Pembersih Khusus

Cara mudah memoles marmer kusam selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan yang memang khusus dibuat untuk membersihkan marmer. Bahan ini lebih aman dan cocok karena didesain khusus untuk membersihkan meja makan marmer.

Saat Anda menggunakan pembersih ini, Anda tidak perlu lagi menggunakan campuran bahan yang berbeda. Satu-satunya bahan yang Anda butuhkan adalah kain lap, wastafel, air, dan pembersih marmer.

 

  1. Menggunakan Baking Soda

Baking soda ini tidak hanya murah, tetapi juga cukup mudah ditemukan, sehingga Anda tidak akan kesulitan menemukannya. Bahan ini bahkan dikenal sangat membantu dalam membersihkan berbagai peralatan termasuk meja makan marmer.

Hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah ember, banyak air, kain lembut, dan juga baking soda. Campurkan air dan satu sendok makan baking soda dalam ember dan gunakan kain lembut untuk membersihkan marmer yang kotor.

 

  1. Menggunakan Deterjen Cair

Deterjen cair yang biasa Anda gunakan untuk mencuci juga dapat digunakan untuk membersihkan meja makan marmer. Cairan pembersih ini bisa menjadi solusi jika Anda tidak memiliki pembersih marmer.

Cara alami untuk memoles marmer kusam adalah dengan menggunakan 1 sendok makan deterjen cair dan campur dengan 1 gelas air. Gosok sampai kotoran yang membandel bisa dihilangkan.

 

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membersihkan Meja Makan Marmer

Saat membersihkan meja makan marmer, ada beberapa hal penting yang perlu diingat, antara lain:

  • Hindari mengoleskan terlalu banyak hidrogen peroksida langsung ke kain.
  • Jika air tumpah ke marmer, segera bersihkan dan keringkan dengan kain lembut.
  • Biarkan marmer mengering selama 1 sampai 2 jam setelah dibersihkan.
  • Berhati-hatilah saat menggunakan hidrogen peroksida