Bisakah Lirik Lagu Dianggap Puisi?

Bisakah lirik lagu menjadi puisi?

Tanpa ragu lirik mengandung unsur puitis, tetapi apakah mereka akan memiliki efek dan kekuatan yang sama seperti puisi murni yang ditulis di atas kertas tanpa iringan musik dan penampilan vokal, adalah masalah lain. Jawabannya mungkin tidak, bagaimanapun, seperti yang kita tahu puisi dimulai sebagai tradisi lisan, dan di era abad pertengahan tidak akan ada perbedaan antara lirik balada dan komposisi puisi. Sebenarnya ‘balada’ sekarang merupakan bentuk puitis yang dikenal (kuatrain skema rima abab dalam trimeter iambik dan tetrameter bergantian) dan istilah yang digunakan untuk menggambarkan lagu yang lambat, sering kali romantis.

Baru-baru ini sebuah band, “The Waterboys”, merilis album berjudul “An Appointment with Mr Yeats”, di mana empat belas puisi Yeats disetel ke musik. Hasilnya adalah kecemerlangan total. Irama dan ritme alami dari puisi digunakan untuk menciptakan melodi musik: terutama dalam puisi seperti “The Hosting of the Shee” di mana dactylic mengemudi sangat cocok dengan ketukan drum yang berdenyut. Dalam hal ini secara harafiah lirik lagu adalah puisi yang mapan, dinyanyikan dan diiringi secara instrumental, menunjukkan bahwa sangat mungkin lirik memiliki perangkat dan bentuk puitis serta melodi dan ritme yang kuat.

Tentu saja tidak semua lirik memiliki perbedaan formal yang sama dengan puisi Yeats, tetapi banyak lirik lagu disusun untuk menciptakan efek onomatopoeik. Dalam lagu “Invincible” oleh Muse, dari album mereka “Black Holes and Revelations” liriknya sebagian besar disusun dalam trochaic sempurna, yaitu stres diikuti oleh tanpa stres yang membentuk satu ‘kaki’ meter:

Melaksanakan
Buatlah mimpimu menjadi kenyataan
Jangan berikan perlawanan
Kamu akan baik-baik saja

Trochaic menciptakan ritme jatuh yang bergerak dengan cepat, seperti subjek dalam lagu ini yang disuruh untuk terus berjalan dan tidak “menyerah”. Ini dibantu oleh skema sajak aabb sederhana.

Lirik yang baik memiliki efek yang mirip dengan puisi dalam teknik formal mereka: namun, komponen penting lain dari puisi adalah download lagu mp3 gambar dan metafora. Tetapi banyak lagu juga menggunakan metafora dan perumpamaan: Lagu Led Zeppelin yang terkenal (dan terkenal) “Stairway to Heaven” menggambarkan seorang wanita yang “…membeli tangga menuju surga.” sebuah garis yang hanya harus metaforis, mengingat surealisme simbolisnya. Kecemerlangan lagu tersebut terwujud ketika baris: “Kamu tahu terkadang kata-kata memiliki dua arti” dilantunkan, mengajak kita untuk berpikir dua kali atas kata-kata yang kita dengar.

Pada akhirnya saya pikir tidak ada keputusan mutlak. Beberapa lirik dibangun dengan cukup baik untuk naik ke level puitis, sedangkan yang lain hanya diberi kekuatan melalui penampilan dan pengiringnya.