Ciri-ciri Penting Makanan Sehat Untuk Lansia

Makanan memang memiliki peran penting untuk kesehatan kita karena pada makanan terdapat berbagai macam sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia tak terkecuali orang lanjut usia. Memasuki usia lanjut memang biasanya akan mengalami penurunan nafsu makan karena hal ini disebabkan oleh faktor alamiah dan faktor kesehatan tertentu yang terjadi pada tubuhnya. Oleh karena itu, penting untuk mengolah makanan sehat untuk lansia sehingga kesehatan mereka bisa terjaga. Makanan ini sangat penting karena bisa mencegah terjadinya malnutrisi pada lansia. Dengan begitu, anda perlu mengolah makanan yang dibutuhkan oleh para lansia.

Tips mudah mengenal makanan sehat untuk lansia

Untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi pada lansia maka kita perlu memberikan menu makanan yang menarik dan juga sehat. Tidak sampai disitu saja karena kondisi kesehatan masing-masing lansia juga perlu dipertimbangkan.  Makanan yang baik dan sehat untuk para lansia adalah makanan yang bernutrisi. Pemilihan nutrisi ini cukup penting karena untuk menjaga berat badan ideal lansia, menguatkan otot, serta mendukung metabolisme tubuhnya. Adapun pemilihan nutrisi yang tepat untuk para lansia adalah protein baik yang hewani atau nabati, karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan energinya, serat, vitamin dan mineral seperti vitamin A, D, B12, K, kalsium dan lain sebagainya.

Selain dilihat pada nutrisi, makanan sehat untuk lansia juga bisa dilihat dari teksturnya karena olahan yang tepat untuk lansia adalah makanan yang mudah ditelan. Bagi lansia yang kesulitan mengunyah dan juga menelan makanan maka memberikan olahan makanan bertekstur lembut dan sudah dipotong kecil-kecil atau cincang bisa sangat membantu. Untuk melembutkan makanan ini maka anda bisa menggunakan blender atau food processor lainnya untuk menghasilkan makanan yang mudah untuk dikonsumsi. Jika anda ingin menyajikan bubur dari daging dan ikan maka ada baiknya untuk menghilangkan terlebih dahulu tulang-tulang yang melekat pada daging tersebut.

Untuk mendapatkan makanan yang sehat untuk para lansia, maka anda juga perlu menghindari makanan yang bisa menimbulkan masalah pencernaan. Lansia sendiri memang sering memiliki masalah pada sistem pencernaan seperti sembelit ataupun maag sehingga ada baiknya kita menghindari makanan yang bisa menyebabkan kondisi tersebut semakin parah seperti makanan atau minuman yang asam dan pedas serta minuman bersoda. Dalam hal ini, ada baiknya juga jika anda memberikan makanan yang banyak mengandung serat untuk membantu mencegah dan mengatasi sembelit pada lansia.

Anda juga perlu memastikan juga untuk mencukupi kebutuhan cairan setidaknya 6-8 gelas per hari untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan terhindar dehidrasi. Adapun ciri terakhir untuk makanan sehat untuk lansia yaitu makanan tersebut mengandung lemak yang sehat. Para orang tua harus dihindari makanan tinggi kolesterol dan lemak jenuh seperti daging sapi atau mentega. Dengan memperhatikan makanan-makanan tersebut maka kesehatan para orang tua juga bisa terjaga dengan baik.