Manfaat Laminasi yang Perlu Anda Ketahui

Laminasi sering dibutuhkan sebagai proses finishing dalam mencetak buku. Ada banyak manfaat laminasi yang bisa didapatkan pada hasil cetakan, di antaranya untuk melindungi isi buku dan memberi kesan eksklusif. Selain itu, terdapat manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Laminasi

Banyak konsumen yang mencetak buku di tempat cetak buku memilih untuk menggunakan laminasi sebagai salah satu proses finishing akhir bukunya karena memiliki banyak manfaat. Berikut ini beberapa kegunaan yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Warna Tinta Menjadi Lebih Tajam

Jika Anda mengamati dengan jeli hasil print pada kertas, biasanya tinta yang dicetak pada kertas tidak terlalu diserap dengan baik sehingga terkadang terlihat pudar. Dengan menggunakan teknik laminasi, maka hasil cetakan atau print pun menjadi lebih tajam dan jelas.

Tak heran jika cetakan pada bagian cover yang diberi laminasi biasanya lebih terlihat jelas dan terang dibandingkan bagian isi. Karena tinta pada hasil cetakan jadi lebih terangkat dengan adanya laminasi tersebut.

2. Tahan Air

Buku yang telah dilapisi dengan laminasi glossy maupun doff biasanya lebih tahan air. Jika tidak dilaminasi, maka cetakannya akan lebih mudah luntur ketika terkena air. Sehingga secara tidak langsung laminasi untuk melindungi buku agar hasil cetakan lebih aman dari resiko luntur.

Buku yang sudah dilaminasi pun cenderung lebih awet dan tahan lama. Bahkan aman dari goresan maupun coret-coret karena laminasi khususnya glossy tidak akan mudah dicoret-coret.

3. Tampilan Kertas Jadi Lebih Elegan dan Menarik

Jika menggunakan laminasi pada cover buku yang dicetak, maka tampilan buku menjadi tampak lebih berkilau dan mengkilap. Sehingga akan menimbulkan kesan lebih menarik dan elegan dibandingkan dengan kertas yang tidak dilaminasi.

Dengan melaminasi kertas tersebut, maka bisa sekaligus dijadikan media untu promosi agar menarik perhatian orang-orang.

Manfaat laminasi di atas bisa menjadi pertimbangan agar Anda menggunakan pelapisan kertas untuk melindungi buku serta mendapatkan manfaat lainnya. Jenis laminasi apa yang paling cocok untuk digunakan tentu bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing.