Manfaat Mempunyai Sertifikat Pelatihan Kerja

Ketika mahasiswa biasanya banyak yang mengikuti seminar dan pelatihan karena dipercaya akan dapat bermanfaat ketika melamar pekerjaan. Sehingga banyak mahasiswa yang berlomba-lomba untuk mengumpulkan sertifikat dan mengikuti berbagai pelatihan yang diadakan oleh tertentu baik yang diadakan di dalam kampus maupun luar kampus. Mempunyai sertifikat pelatihan kerja sendiri akan memberikan manfaat tidak hanya untuk mahasiswa saja karena mempunyai portofolio yang lebih baik. Tetapi sertifikat tersebut juga bisa memberikan manfaatnya baik untuk karyawan hingga perusahaan. Sehingga bisa untuk mengikuti pelatihan agar mendapatkan sertifikat baik yang dapat diikuti di dalam perusahaan, di luar perusahaan, secara online, secara offline, gratis, maupun berbayar.

Sertifikasi kompetensi yang didapatkan dari pelatihan kerja yang diikuti bisa sangat bermanfaat untuk pencari kerja. Dimana manfaat apabila mempunyai sertifikasi tersebut adalah:

  • Manfaat pertama adalah akan mempunyai kredibilitas dan kepercayaan yang lebih meningkat. Seperti yang telah disebutkan bahwa mempunyai sertifikat akan bisa membuat portofolio ketika melamar kerja dapat lebih dilirik oleh perusahaan.
  • Mempunyai bukti bahwa telah belajar dan menguasai mengenai kompetensi yang dibutuhkan dan telah diakui dengan mempunyai sertifikat.
  • Dapat mempunyai nilai jual yang tambah apabila digunakan untuk rekrutmen pekerjaan.
  • Dapat untuk mempunyai kesempatan karir yang tentunya lebih besar.
  • Dapat digunakan untuk sebagai parameter yang jelas mengenai keahlian yang dimiliki.

Selain untuk calon pelamar pekerjaan dengan nilai jual yang lebih tinggi, sertifikat pelatihan kerja  juga akan memberikan manfaat apabila karyawan di dalam perusahaan juga mempunyai sertifikat tambahan. Sehingga walaupun telah mempunyai pekerjaan tetap, aktualisasi diri perlu tetap dilakukan oleh karyawan. Oleh karena itulah jangan malas untuk mencari pelatihan yang cocok dengan kemampuan yang ingin ditingkatkan. Tidak hanya hal tersebut dapat untuk membantu pekerjaan sehari-hari, tetapi juga memberikan manfaat yaitu beberapa manfaat berikut ini yang akan didapatkan oleh karyawan di dalam perusahaan yang mempunyai sertifikasi kompetensi kerja:

  • Manfaat pertama yang akan didapatkan adalah akan mempunyai jenjang karir dan promosi yang lebih lebar dan peluang lebih besar. Misalnya saja apabila ada kesempatan untuk naik jabatan, maka tentunya karyawan yang mempunyai kinerja yang baik dan juga keahlian yang banyak akan lebih untuk di kedepankan. Oleh karena itulah keahlian yang didapatkan dari pelatihan yang diikuti dapat untuk membuat jenjang karir dan promosi terbuka lebih lebar.
  • Keunggulan selanjutnya adalah dapat meningkatkan akses untuk lebih berkembang dalam profesinya. Hal tersebut bisa membuat untuk mempunyai pengakuan dari kompetensi yang dimiliki.

Selain dapat bermanfaat untuk individu seperti bagi pelamar pekerjaan dan juga karyawan di dalam perusahaan, sertifikat kompetensi kerja juga bermanfaat untuk perusahaan atau tempat kerja. Adapun beberapa manfaat untuk perusahaan adalah:

  • Sangat berguna untuk mengurangi kesalahan kerja yang dapat terjadi apabila karyawan tidak kompeten. Sudah dipastikan bahwa karywan yang didapatkan kompeten dengan mempunyai sertifikat untuk membuktikan kemampuannya.
  • Produktivitas di dalam perusahaan juga dapat meningkat.
  • Komitmen yang lebih baik terhadap kualitas yang diberikan.
  • Akan memudahkan untuk memilih dan menerima karyawan.
  • Akan dapat membantu mempunyai karyawan yang terampil dan berdaya saing yang baik untuk meningkatkan kemampuan.

Sehingga seperti telah di jelaskan di atas bahwa sertifikat pelatihan kerja akan memberikan manfaat bagi berbagai pihak. Karyawan dapat mengikuti pelatihan kerja untuk meningkatkan kualitasnya, sedangkan perusahaan dapat mengadakan pelatihan untuk membuat karyawan mempunyai kemampuan kerja lebih baik dan menambah produktivitas perusahaan. Sertifikat pelatihan tersebut bisa didapatkan dari lembaga Prasmul-ELI yang menawarkan banyak pelatihan sesuai kebutuhan.