Mengenal Apa Itu Stablecoin dan Jenisnya

Sebelum membahas apa itu stablecoin, pengguna kripto sekitar 101 juta di 2020, berdasarkan riset Cambridge Center for Alternative Finance. Stablecoin berkaitan dengan cyprtocurrency yang mungkin tidak asing untuk beberapa orang, jenis-jenis stablecoin akan dibahas dalam ulasan, sebagai berikut.

Pengertian DeFi

Sebelum membahas apa itu stablecoin, maka perlu mengetahui dahulu pengertian DeFi singkatan dari Decentralized Finance. DeFi adalah sistem keuangan terbuka yang dioperasikan dengan memanfaatkan teknologi Smart Contact, salah satu fungsi blockchain adalah Smart Contact.

DeFi beroperasi di atas blockchain Ethereum, salah satu mata uang kripto dengan kapitalisasi pasar yang menempati posisi dua terbesar. Posisi ini menempati setelah bitcoin, dengan adanya smart contact dapat beroperasi tanpa peran pihak ketiga.

Pengertian Stablecoin

Stablecoin merupakan salah satu mata uang digital yang fluktuasinya tidak terlalu bergejolak seperti mata uang kripto lain. Harga dari mata uang digital ini dipatok dengan aset cadangan yang memiliki harga stabil seperti emas atau dollar AS.

Stablecoin sendiri didukung mata uang seperti euro dan dollar, maka valuasinya mengikuti mata uang itu. Fluktuasi stablecoin tidak separah bitcoin, seandainya nilai euro jatuh, stablecoin tidak menurun drastis, karena masih didukung mata uang lain.

Fiat-Collateralized Stablecoin

Jenis ini merupakan yang paling umum digunakan, sebab dijamin serta didukung mata uang fiat seperti euro dan dollar. Rasio stablecoin dan mata uang fiat yaitu 1:1, satu stablecoin setara satu nilai mata uang, contohnya 1 US dollar.

Setiap nominal stablecoin terdapat mata uang fiat nyata yang ditahan dalam bank untuk pendukungnya. Jadi, fiat colateralized stablecoin termasuk struktur tersederhana pada entitas yang mengelola stablecoin, contoh stablecoin terpopuler adalah tether (USDT).

Commodity-Collateralized Stablecoin

Pendukung commodity-collateralized stablecoin yaitu aset berharga seperti logam mulia, jadi komoditas yang digunakan secara umum adalah emas. Namun, jenis stablecoin ini juga didukung dengan emas, real estate, atau benda lainnya.

Hal ini memperlihatkan bahwa pemilik commodity-collateralized stablecoin menggenggam aset nyata yang mempunyai nilai nyata.

Crypto-Collateralized Stablecoin

Jenis stablecoin yang terdesentralisasi sebab seluruh aktivitasnya diterapkan dalam blockchain, stablecoin ini juga didukung cryptocurrency lainnya. Bisa dikatakan, proses dari crypto-collateralized stablecoin lebih transparan daripada cryptocurrency lain.

Non-Collaterized Stablecoin

Non-collateralized stablecoin tidak memiliki dukungan apapun, bisa dikatakan jenis ini paling terdesentralisasi. Hal ini disebabkan, jenis stablecoin ini tidak dijaminkan dengan aset apapun, jika aset-aset yang ada runtuh, stablecoin tetap stabil.

Kelebihan dan Kekurangan Stablecoin

Penjelasan apa itu stablecoin telah dipaparkan dalam pembahasan sebelumnya, salah satu mata uang digital ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Pertama, stablecoin cenderung stabil, seperti fiat-collateralized serta commodity-collateralized, jika merugi, maka aset yang hilang tidak terlalu banyak.

Stablecoin termasuk cryptocurrency yang terbilang aman, jika dibandingkan cryptocurrency lain. Mata uang ini juga berpotensi dijadikan alat pembayaran untuk masa yang akan datang.

Sistem yang diterapkan pada stablecoin bisa menjadi solusi bagi pihak yang tidak mempunyai rekening bank. Karena aset tidak perlu disimpan dalam lembaga keuangan tersebut.

Di balik kelebihan stablecoin, tetap saja mata uang digital ini memiliki kekurangan yaitu persoalan transparansi pada aset. Contohnya, kasus yang melibatkan Tether yang tidak memberikan audit transparan tentang cadangannya.

Dengan adanya kasus melibatkan Tether itu, membuat orang menduga jika kepemilikan dolar yang diklaim hanya sebagian kecil. Terkait penjelasan apa itu stablecoin, dapat disimpulkan mata uang digital ini memiliki fluktuasi yang lebih stabil dibandingkan kripto lainnya.

Download Coinomo di Play Store dan App Store Coinomo untuk mendapatkan berbagai informasi lainnya seputar crypto. Selamat mencoba!