Promosi Menarik untuk Peningkatan Penjualan

Promosi adalah kegiatan yang dilakukan dalam aktifitas jual beli dan pemasaran. Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan agar bisa meningkatkan perkembangan, baik itu perkembangan merk, produk, maupun nama perusahaan.

Promosi Menarik untuk Peningkatan Penjualan

Menurut para ahli, salah satunya Tjiptono, promosi adalah salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk, atau meningkatkan pasar sasaran atas perusahaan dan juga produknya agar masyarakat bisa menerima, membeli dan juga loyal pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Cara promosi yang menarik sangat membantu dalam peningkatan penjualan. Beberapa cara promosi yang menarik dan dapat meningkatkan penjualan, beberapa diantaranya ialah:

  1. Memberi garansi agar customer yang tidak mendapat produk atau pelayanan jasa yang kurang sesuai pada penyedia produk dan jasa, maka customer berhak menuntut uang kembali. Dengan pemberian garansi ini mengisyaratkan bahwa penyedia barang/jasa dapat memastikan customer mendapatkan apa yang dibutuhkan.
  2. Pemberian promo, hal ini mengesankan bahwa customer bisa mendapatkan potongan harga 10% hingga 50% atau bahkan lebih yang merupakan angka yang cukup tinggi untuk sebuah diskon untuk semua customer atau untuk customer lama yang sudah sering berlanggana, atau bahkan untuk menarik customer baru.
  3. Paket Bundling, hal ini mirip dengan pemberian diskon bedanya pada bundling sudah ditentukan produk atau jasanya apa saja sehingga customer tidak dapat bebas memilih. Meskipun begitu, ini tetap menjadi salah satu strategi pemasaran yang menarik dan ampuh dalam meningkatkan penjualan.
  4. Program referral bisa mendorong customer lama yang sudah berlangganan prodak maupun jasa untuk membantu mempromosikan produk yang dimiliki. Program ini ialah salah satu bentuk word-of-mouth marketing yang saat ini sangat ampuh. Dengan cara penerapan yang cukup sederhana sehingga pelanggan akan mendapatkan kode referral dapat dibagi ke orang-orang yang dikenalnya. Nantinya orang yang menggunakan kode akan mendapatkan reward ataupun potongan harga.
  5. Promosi yang menarik selanjutnya adalah bekerja sama dengan content creator. Skala content creator atau influencer yang diajak kerja sama bisa disesuaikan dengan bujet dari bisnis yang dimiliki. Yang paling penting influencer tersebut harus memang memiliki audiens yang sesuai dengan target bisnis yang akan dipromosikan, lebih-lebih pemilik usaha harus memilih content creator yang memang bisa mempromosikan produk dengan cara yang menarik dan unik.

Tak perlu khawatir akan biaya mahal, semua promosi tersebut dapat disesuaikan dengan budget dari masing-masing pemilik usaha. SiapkanĀ  budget khusus untuk promosi tiap bulannya dan jangan lupa untuk mengevaluasi ditiap bulannya, sehingga dapat ditentukan cara promosi mana yang dapat lebih banyak menarik customer dan penjualan akan semakin meningkat dari hari ke hari.