Review Buku Parenting Happy Little Soul Ala SehatQ

 

Ilmu parenting tentu sangat penting bagi orangtua terutama bagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. Tentu saja tidak ada sekolah khusus untuk orang tua tetapi para orang tua bisa belajar teori melalui buku parenting misalnya. Salah satu buku tentang parenting yang cukup seru untuk dibaca adalah Happy Little Soul.

Buku ini ditulis oleh Retno Hening Palupi seorang ibu rumah tangga. Untuk lebih jelasnya mengenai review buku ini akan dibahas seperti berikut.

  • Pada bab pertama, Retno bercerita soal pengalaman kehamilannya dan melahirkan hingga menyusui sang anak yaitu Kirana. Perlu diketahui bahwa buku ini terdiri dari 11 bab tentang bagaimana Retno yang memiliki panggilan “Ibuk” mulai dari melahirkan sampai mengasuh Kirana sampai 3 tahun.
  • Lanjut ke bab 2 dan 3, di mana pada buku parenting ini bercerita soal bagaimana interaksi dan komunikasi antara Ibuk dan Kirana. Dijelaskan pula bagaimana Ibuk belajar memahami Kirana.
  • Bab 4 dan 5, bercerita seputar kerjasama anak dan orang tua. di sini peran Ibuk adalah sebagai orang tua yang harus mulai paham bahwa penghargaan pada anak tentang hal-hal yang dilakukannya sangat penting. Bahkan ketika hal-hal tersebut merupakan hal sepele sekalipun. Anak memang perlu diapresiasi sejak dini.
  • Bab 6-8, bercerita seputar hal-hal yang dilakukan oleh Ibuk dan juga Kirana. Mulai dari kegiatan belajar dan juga bermain. Ibuk sendiri menciptakan banyak permainan yang membuat sang anak tidak mudah kebosanan meski hanya berada di dalam rumah.
  • Bab 9-11, masuk pada bab-bab akhir dimana Ibuk mulai mengajarkan anaknya Kirana banyak hal-hal baik. Di bab ini pula Ibuk menuangkan cerita perihal kerjasama antara istri dan suami ketika membesarkan anak.

Dari buku Happy Little Soul ini tentu saja banyak pelajaran yang bisa diambil tidak hanya oleh para ibu yang menemani anaknya dirumah atau wanita karir. Tapi juga untuk para pria yang memiliki peran sebagai suami dan juga istri.

Keduanya punya peranan penting dalam membesarkan anak. Sehingga tugas tidak hanya dibebankan pada istri saja. Semua cerita yang ditumpahkan Ibuk pada buku ini tentu saja adalah sebuah cerita dari ibu sejati yang menikmati perannya sebagai orang tua dengan segala problematika kehidupan.

Meski mungkin masih banyak kesalahan didalamnya tapi Ibuk terus bangkit untuk menjadi seorang ibu sejati. Karena ketika sudah memutuskan menjadi seorang ibu, tentu harus siap dengan segala resiko dan tidak boleh sekali-kali merasa bosan menjalaninya.

Menurut Ibuk, menjadi ibu adalah tentang jatuh cinta setiap hari pada anak dan suami. Pula tentang belajar bersabar yang tiada henti sambil menguji keikhlasan yang dimiliki. Menjadi ibu juga tentang pantang menyerah. Ada doa-doa panjang yang tidak boleh berhenti dipanjatkan yang merupakan sebuah keikhlasan tanpa imbalan.

Itu tadi review singkat tentang buku parenting Happy Little Soul Karya Retno Hening Palupi. Yang isinya tentang bagaimana Retno menjalani hidupnya sebagai ibu anak satu atau Ibuk dari Kirana. Pastinya buku ini sangat recommended untuk anda beli, apalagi harganya juga tidak mahal dibawah 100 ribuan.

Untuk Anda yang ingin mendapatkan lebih banyak lagi rekomendasi buku seputar penting bisa mengunjungi SehatQ. Pada platform kesehatan keluarga ini, anda akan mendapatkan beberapa rekomendasi buku tentang parenting yang sangat bagus dan wajib dibeli serta dibaca karena didalamnya terdapat ilmu ilmu parenting yang luar biasa.