Sadari Pentingnya Pencatatan Keuangan Agar Usaha Berkembang

Membantu para pelaku usaha khususnya yang bergerak Bisnis kecil. Pada kesempatan ini, Jurnal berusaha mengkaji pentingnya memelihara catatan keuangan dalam sebuah perusahaan.

Pembukuan adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan ketika menjalankan bisnis. Pembukuan adalah proses pengorganisasian dan penyimpanan dokumen keuangan, salah satunya adalah pelaporan keuangan. Pembukuan seharusnya berlaku tidak hanya pada perusahaan besar tetapi juga pada perusahaan kecil seperti UKM yang ingin berkembang.

Banyak hal yang dilakukan untuk mengembangkan bisnis, mulai dari peningkatan kualitas, promosi, peningkatan produktivitas, dan lain sebagainya.

Banyaknya aktivitas untuk memperoleh angka penjualan produk yang tinggi seringkali melupakan satu faktor penting: pencatatan keuangan, padahal aktivitas tersebut berperan penting dalam pertumbuhan bisnis.

Membangun bisnis yang kuat dan besar tentunya membutuhkan banyak hal penting, salah satunya adalah sistem pencatatan keuangan yang tepat untuk mencatat setiap transaksi yang dilakukan.

Dengan membuat catatan keuangan yang strategis, tentunya para pelaku bisnis dapat melihat dan menganalisis pertukaran modal dan mengambil tindakan ketika ada perbedaan dari rencana yang telah diumumkan sebelumnya. Ekspedisi Murah Surabaya

Jenis pencatatan keuangan yang akan dilakukan

Catatan keuangan juga dibagi menjadi beberapa bagian yang sama pentingnya, di antaranya:

Catatan pengeluaran

Saat melakukan bisnis, Anda perlu membuat buku terpisah yang akan digunakan khusus untuk mencatat semua pengeluaran.

Biaya ini termasuk bahan baku, operasi, pembelian untuk upah. Biaya secara umum dibagi menjadi dua jenis, biaya langsung dan biaya tidak langsung. 

Biaya langsung adalah pengeluaran untuk membeli bahan baku yang umumnya pada hari tertentu, bahkan pada hari yang sama. Sementara itu, biaya tidak langsung umumnya terlihat Anggaran Mereka dibayar bulanan untuk berbagai biaya operasional, seperti telepon, listrik, upah, internet, PDM dan lain-lain.

Catatan keuangan untuk bisnis akan membantu Anda menentukan dengan tepat berapa banyak modal bisnis yang telah dialokasikan, sehingga memudahkan dalam menentukan target dan rencana ke depan.

Catatan pemasukan

Tidak hanya pengeluaran tetapi juga pencatatan pendapatan sangat penting bagi setiap perusahaan.

Catatan pendapatan digunakan untuk mencatat semua pendapatan dari penjualan produk atau jasa. Tentunya pencatatan ini harus dilakukan secara akurat dan jelas. Selain itu, Anda dapat menyimpan berbagai sertifikat untuk transaksi seperti: tanda terima. Tidak ada kesalahan dalam menyalin, tagihan dan penerimaan. Sangat penting untuk melakukan pencatatan keuangan, pengeluaran dan pendapatan. Dengan menyimpan catatan keuangan yang akurat, Anda juga dapat melacak keuangan organisasi Anda.

Pentingnya memelihara catatan keuangan dalam bisnis

Setelah mengetahui jenis-jenis pencatatan keuangan, Anda akan merasa tidak lengkap jika tidak mengetahui betapa pentingnya tugas-tugas tersebut.

Banyak orang masih lalai untuk mencatat. Akibatnya, pengeluaran tidak sebanding dengan pendapatan yang diterima.

Jika demikian, bisnis bisa bangkrut. Jadi, seberapa pentingkah menyimpan catatan keuangan?

Tentu jawabannya sangat penting, terutama bagi mereka yang baru memulai bisnis kecil-kecilan.

Ketahui situasi keuangan

Sebagai pemilik atau pelaku bisnis, Anda pasti ingin menghasilkan banyak uang bukan? Namun, hal ini tidak akan terjadi jika tidak diterapkan sistem pencatatan keuangan yang baik.

Kita semua sepakat bahwa catatan keuangan memainkan peran penting dalam memahami situasi keuangan di sebuah perusahaan. Anda dapat membandingkan situasi keuangan dari bulan ke bulan atau tahun ke tahun.

Selain itu, catatan ini memberikan informasi rinci tentang manfaat yang diperoleh.

Jika terjadi sebaliknya, Anda bisa mengetahui biaya mana yang tidak perlu dan mana yang bisa dikurangkan untuk menghemat biaya.

Mengetahui efektivitas pengeluaran uang

Apakah Anda merasa sering menghabiskan banyak uang?

Apakah Anda sering merasa bahwa uang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda?

Hal ini karena mereka tidak cukup pintar menggunakan uang atau modal usaha, sehingga alokasi dana tidak dikelola dengan baik.

Untuk meningkatkan efisiensi penggunaan modal, pencatatan keuangan tentunya akan membantu untuk mencatat anggaran yang dibutuhkan.

Membantu dalam mengambil keputusan

Mengetahui situasi keuangan perusahaan memudahkan Anda dalam mengambil keputusan bisnis di masa depan.

Misalnya hasil penjualan produk tidak sesuai target, padahal pelanggan selalu memberi Komentar Positif.

Dari sini, segalanya menjadi lebih rumit, dan di sinilah arti sebenarnya dari pemasaran.

Selain itu, Catatan Keuangan dapat membantu Anda mengevaluasi apakah bisnis Anda ingin menambah staf, berinvestasi dalam peralatan manufaktur, atau membuat kebijakan lain.

Menyederhanakan proses pelaporan pajak

Sebagai pebisnis yang baik, Anda harus selalu melaporkan pengembalian pajak bisnis. Pencatatan keuangan dapat membantu Anda menghitung pajak yang harus Anda bayar.

Jika tidak mencatat semua kegiatan pemasukan dan pengeluaran, maka pelaporan SPT mungkin tidak dapat dilakukan dengan tepat waktu.

Perencanaan keuangan yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan di bidang keuangan tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Karena tidak mengandalkan penanganan manual Kesalahan manusia Ini akan lebih berbahaya.

Anda bisa menggunakan aplikasi Jurnal Pencatatan Keuangan untuk mempermudah pencatatan laporan usaha. Dengan jurnal, Anda dapat dengan mudah melacak dan mengontrol bisnis Anda. Pada waktu bersamaan Untuk membuat pembukuan keuangan dan pembukuan barang jadi lebih praktis dan terorganisir. https://padicargosurabaya.com