Salah Satu Cara Genjot Produksi Susu Dengan Kemitraan Peternak Sapi Lokal

Salah satu cara yang diilakukan oleh kemetrian pertanian guna menggenjot produksi susu adalah dengan mewajibkan insdutri pengelolaan susu untuk menjalin kemitraan dengan peternak sapi lokal. Hal ini tentunya dalam rangka mendorong peningkatan volume produksi dan kualitas dari susu secara nasional. Dalam kemitraan peternak sapi lokal dengan industry oleh kementan menghimbau agar mengedepankan prinsip saling menguntungkan.

Saling menguntungkan antara industry dengan peternak

Dengan mengusung prinsip saling menguntungkan tersebut tentunya tujuan dari peningkatan kualitas dan produksi susu segar dalam negeri akan tercapai. Kementan sendiri juga sudah memberikan permentan yang di dalamnya terdapat pedoman teknid dan berbagai pola kemitraan yang tentunya dapat dilakukan oleh pihak industry dan juga peternak. Salah satunya adalah soal penyerapan sisi segar produksi dari peternak sapi oleh insdutry.

Kontribusi dalam peningkatan

Selain itu industry atau perusahaan juga diberikan opsi untuk berkonstribusi dalam peningkatan produkstitas susu dengan kegiatan seperti bantuan ternak, fasilitas lahan pangan, peningkatan kualitas peternak, kemudahan akses permodalan sampai pembangunan desa susu atau klaster peternakan dari kemitraan peternak sapi lokal ini.

Di dalam pedoman teknis permentan tersebut juga di jelaskan bahwa nantinya aka nada tim analisis yang akan melakukan penilaian dan evaluasi kemitraan. Evaluasi kemitraan dengan peternak sapi ini dilakukan guna menilai keberhasilan pelaksanaan kemitraan yang telah dilaksanakan juga sekaligus sebagai bahan pertimbangan kebijakan pada tahun berikutnya.

Dengan adanya kolaborasi yang baik antara industry pengelola sapid an peternak melalui kemitraan ini diharapkan akan memberikan angina segar bagi para peternak kemana akan menjual hasil perahannya. Selain itu juga dari pengelola sebaiknya juga melakukan pembinaan kepada peternak terkait dengan bagaimana cara merawat atau factor apa saja yang mempengaruhi kualitas dan kuantitas dari hasil perahan susu sapinya.

Dengan pembinaan tersebut tentunya akan memberikan sumbangsih yang sangat bagus bagi peternak maupun pengelola industry karena peternak akan merasakan kualitas dan kuantitas yang semakin baik dari susu sapinya dan dari industry akan mendapatkan kualitas dan kuantitas yang tidak kalah bagus juga. Dengan kualitas susu yang baik tentunya akan memberikan feedback yang baik pula dari konsumen.

Menjalin kemitraan dengan peternak ini dirasa tidak akan memberikan kerugian oleh karena itu kementerian pertanian sangat menghimbau para industry pengelola untuk memperhatikan para peternak lokal dalam hal penghasilan susu perah.

Salah satu perusahaan yang sangat berperan aktif dalam kemitraan peternak sapi lokal ini adalah dari nestle. Nestle sendiri sudah memprakarsai kemitraan ini dengan menjalin kerjasama dengan petani maupun peternak lokal guna memperoleh hasil yang berkualitas dengan kuantitas yang bagus. Dengan bibit yang baggus tentunya akan dihasilkan buah yang bagus pula.

Kemitraan peternak sapi lokal akan terjalin dengan baik apabila dari industry dan peternak terjalin komunikasi yang baik pula