Selain Kalkulator KPR Perhatikan Juga Hal-hal Ini Sebelum Kredit Rumah di Bank

Punya impian untuk tinggal di rumah sendiri sekarang ini bukan hal yang mustahil, Anda bisa mewujudkannya dengan membeli lewat sistem KPR atau Kredit Pemilikan Rumah, pastinya banyak yang sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini bukan. Tak sekedar pembelian kendaraan saja yang dapat dicicil, melainkan juga untuk rumah bukan hal yang mustahil. Mengingat sekarang ini jika dilihat memang ada begitu banyak diantara perbankan yang menawarkan fasilitas KPR tersebut. bahkan Anda bisa dengan mudah banding-bandingkan kalkulator KPR mereka terlebih dahulu sebelum membelinya.

Sebenarnya jika berbicara mengenai pembelian rumah sistem KPR sendiri mungkin ada banyak yang merasa hal ini terlalu membebani, karena ada tambahan biaya suku bunga yang juga harus dibayarkan. Hanya saja untuk orang yang pendapatannya tidak begitu besar sebenarnya ini akan sangat membantu mereka. Mengingat jika ditunggu dan terus menabung saja tak jarang harga rumah semakin melambung sehingga tidak menjamin nantinya bisa membelinya. Namun dengan KPR cukup bayar uang muka atau DP saja nantinya sudah bisa menghuninya bukan.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengambil KPR dari bank, maka alangkah baiknya memperhatikan beberapa hal ini dalam pembeliannya sehingga tidak menyesal, yaitu:

  1. Memilih bank yang terpercaya, pemilihan bank ini adalah bagian yang tak kalah penting, karena banyak sekali lembaga keuangan yang curang belakangan ini. Membebankan nilai bunga yang tinggi, belum lagi dengan biaya tambah yang lainnya. jadi sebisa mungkin carilah yang paling aman untuk Anda. Jika perlu bandingkan terlebih dahulu satu sama lain untuk mendapatkan yang terbaik.
  2. Perhatikan besaran suku bunga dan beban biaya tambah, tentunya Anda sendiri sudah tahu bukan bahwa ketika memutuskan untuk kredit rumah sudah pasti nantinya selain harga asli akan dibebani dengan biaya tambah seperti bunga maupun biaya tahunan, asuransi, pajak dan administrasi yang lainnya. Hal ini juga patut untuk Anda perhitungkan.
  3. Evaluasi kondisi keuangan, sebelum ambil KPR yang pastinya dari segi harga tidak murah, maka jangan melupakan kemampuan finansial Anda juga bukan. Jangan sampai nantinya mengalami kondisi gagal bayar karena keuangan yang tidak mencukupi. Jadi pastikan mengevaluasi kondisi keuangan dulu sebelum ambil kredit, berapa total income disertai dengan pengeluaran bulanan.
  4. Cek kalkulator KPR atau simulasi kreditnya, bagi Anda yang masih awam dalam hal perhitungan ini juga tak perlu khawatir, mengingat nantinya ada kalkulator simulasi yang bisa Anda gunakan untuk melihat rincian biaya ditambah dengan nilai cicilan yang harus dibayarkan, ini dapat dibandingkan dengan kemampuan finansial yang dimiliki. Dapat menyesuaikan dengan tenornya juga.
  5. Jumlah uang muka atau DP, meskipun ada rumah yang dapat dibeli dengan DP mulai dari nol rupiah, namun kembali lagi ini akan mempengaruhi beban hutang Anda. Untuk itu sebaiknya dalam pemberian DP minimal 20 persen atau jika bisa 50 persen, sehingga nantinya nilai hutang KPR Anda jadi lebih ringan, tidak akan terasa terlalu membebani.

Dapatkan KPR rumah dengan bunga yang ringan hanya dari bank BCA, Anda bisa cek dulu kalkulator KPR mereka, biaya-biaya tambahnya ringan selain itu prosesnya juga cepat dan mudah. Apalagi bank yang satu ini termasuk yang sudah terpercaya karena memiliki banyak nasabah di Indonesia. Produk serta layanan yang ditawarkannya juga cukup beragam.